Wednesday, May 27, 2015

Cara Membedakan Beras Asli Dengan Beras Plastik


Akhir -akhir ini fenomena beras plastik sedang melanda Indonesia. Hampir setiap hari media masa memberitakan tentang beredarnya beras yang diduga mengandung plastik atu terbuat dari bahan yang mengandung campuran plastik. Karena beras adalah kebutuhan pokok sehari-hari, maka kita wajib berhati-hati dalam membeli beras. Untuk itu disini saya akan memberi tips cara membedakan beras asli dengan beras plastik.


1. Dari Segi  Aroma

Anda bisa membedakan mana beras asli dengan beras palsu, hanya dengan mencium wanginya beras anda sudah tau mana karet sintetis mana beras asli. Aroma beras palsu biasanya ditandai dengan bau karet.


2. Dari Segi Bentuk

Dilihat dari bentuknya beras plastik itu berukuran panjang dan lancip, dan kadang sulit patah, itu yang menandakan bahwa itu beras plastik. Semakin panjang beras semakin curigalah anda.


3. Dari Segi Tampilan

Anda bisa lihat di ujung atau tengah beras asli terdapat bercak putih susu yang menandakan itu beras asli, sedangkan beras palsu transparan. anda bisa lihat di bagian tengah beras ada bintik putih.


4. Dari Segi Tekstur atau Kekenyalan Beras

Anda bisa bedakan dengan teksturnya beras palsu berbentuk panjang dan sulit bersatu dengan beras lainnya jika sudah dimasak. Apalagi saat dimasak menjadi bubur, anda pasti bisa melihat beras palsu lebih besar ukuran-ukurannya dari pada beras asli. Tekstur beras palsu kenyal sedangkan beras asli lebih empuk.


5. Saat Proses Dimasak

Jika berasnya mengambang, kemungkinan besar mengandung bahan plastik. Jika tenggelam dipastikan tidak mengandung plastik.


6. Dari Segi Rasa

Bisa dibedakan beras asli dengan yang palsu yaitu beras asli mempunyai rasa nasi seperti biasa, sedangkan beras palsu atau sintetis itu hambar, dan juga sulit hancur.


Begitu tips dari saya, cara membedakan beras asli dengan beras plastik, semoga bisa membantu agar terhindar dari penipuan beras plastik.

Artikel Terkait

Cara Membedakan Beras Asli Dengan Beras Plastik
4/ 5
Oleh