Friday, May 29, 2015

Google Meresmikan Kehadiran Android Terbarunya yaitu Android M



Google memperkenalkan OS Android terbarunya di ajang Google I/O 2015, yang sampai saat ini masih menggunakan nama Android M. OS tersebut akan tersedia dalam versi pra rilis mulai hari ini, Jumat (29/5/2015).

Google menyebut Android M akan mempunyai sejumlah fitur anyar dan perbaikan performa. Namun setelahnya Sundar Pichai, senior vice president of product Google menyebut bahwa mereka akan 'kembali ke asal' dan berfokus pada perbaikan kualitas platform.

Lalu ada juga Dave Burke, vice president engineering Google mengatakan bahwa mereka memperhatikan perubahan apa saja yang dilakukan oleh para vendor terhadap OS Android. Dan memasukkan perubahan itu sebagai fitur dasar Android.

Salah satu perubahan besar yang dilakukan oleh Google adalah kini pengguna Android bisa memilih fitur apa saja yang boleh digunakan oleh aplikasi, seperti kamera atau GPS.

Android M sudah mendukung penggunaan USB Type-C, seperti yang digunakan oleh Apple di New MacBook. Google pun sudah mengintegrasikan Android Pay ke dalam OS anyar ini untuk menggantikan Google Wallet.

Android Pay memanfaatkan koneksi NFC serta Host Card Emulation untuk melakukan pembayaran. Untuk fitur keamanan, Android Pay sudah mendukung penggunaan sensor sidik jari seperti yang terdapat di Samsung Galaxy S6.

USB tipe ini mendukung pengisian baterai lebih cepat karena bisa dialiri daya yang lebih besar. Google juga memperkenalkan sebuah fitur baru bernama Doze yang diklaim bisa menambah waktu standby perangkat Android hingga dua kali lipatnya.

Seperti biasa, Android M yang dirilis di Google I/O 2015 ini masih berupa versi pra rilis yang bisa digunakan oleh developer untuk pengujian di Nexus 5, 6, 9 dan player. Sementara versi penuhnya akan tersedia beberapa bulan ke depan.

Artikel Terkait

Google Meresmikan Kehadiran Android Terbarunya yaitu Android M
4/ 5
Oleh