Thursday, December 31, 2015

Obyek Wisata Green Village Gedangsari, Pesona Pemandangan Hijau di Puncak Bukit

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten gunungkidul terletak disebelah timur kabupaten bantul. Kabupaten ini memiliki bentang alam berupa pegunungan kapur sehingga pada musim kemarau tanahnya menjadi tandus. Namun dibalik semua itu kabupaten gunungkidul menyimpan potensi alam yang sangat luar biasa. Maka dari itu pemerintah kabupaten gunungkidul sedang giat untuk mengembangkan potensi alam yang dimiliki di kabupaten gunungkidul. Salah satu potensi alam yang dikembangkan yaitu sebagai obyek wisata. Gunungkidul saat ini dikenal sebagai salah satu tempat yang rame dikunjungi saat musim liburan oleh wisatawan. Berbagai obyek wisata alam sedang dikembangakan, dari wisata pantai, wisata air terjun, wisata gua dll.

Salah satu obyek wisata yang sedang dikembangkan yaitu obyek wisata Green Village Gedangsari. Obyek wisata obyek wisata Green Village Gedangsari ini terletak di terletak di wilayah Guyangan Lor, Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pada awalnya empat wisata ini merupakan wisma tani yang dibangun oleh pemerintah melalui program MP3Ki (Mater plant pengurangan Percepatan perluasan Kemiskinan) namun karena rame pengunjung kini menjadi obyek wisata yang dibuka untuk umum.

Jika anda ingin berkunjung ke obyek wisata Green Village Gedangsari anda dapat melewati 4 jalur. Jalur jalan menuju obyek wisata Green Village Gedangsari adalah :

Jalur pertama dari kota  Jogja : Langsung lewat jalan jogja-wonosari lurus terus arah kota wonosari, sampai di Pos Polisi Sambipitu belok kiri ke arah Gedangsari, sampai Pertigaan sambipitu belok kiri sampai di Polsek Gedangsari ke utara, Pertigaan Clongop ambil ke arah mangli, terus sampai di Dusun Banyu lurus ke timur, kemudian  sampai di Green Village Gedangsari.

Jalur kedua  dari kota Wonosari : Kota Wonosari ke Utara, ke  arah kecamatan Gedangsari, kemudian Polsek Gedangsari ke Utara , sampai di  Pertigaan Clongop ambil ke arah Mangli terus sampai di Dusun Banyu lurus ke timur, kemudian  sampai di Green Village Gedangsari.

Jalur ketiga dari Klaten : Langsung lewat  daerah Wedi ke selatan arah gedangsari melalui jalur dusun banyu watugajah sampai di sampai di Green Village Gedangsari. Jika dari arah timur Bayat / Cawas, maka dari kecamatan Bayat keselatan, melalui Desa tegalrejo kemudian kebarat arah Guyangan Lor sampai di Green Village Gedangsari.

Saung - saung tempat untuk santai pengunjung

Di obyek wisata Green Village Gedangsari anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah. Hamparan pegunungan yang hijau dan bukit bukit berjajar serta pepohonan hijau, menambah pesona keindahan alam di Green Village Gedangsari. Di tempat ini anda bisa menikmati pemandangan alam sambil duduk duduk di saung saung yang telah di bangun. Sambil duduk anda bisa merasakan semilir angin dan sejuk udara pegunungan yang akan membuat pikiran anda jadi segar. Dan untuk tiket masuknya gratis, anda cukup membayar parkir kendaraan saja, motor Rp.3000 dan mobil Rp.5000.

Jalan setapak untuk naek ke puncak

Pada watu sore hari anda dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam atau sunset yang sangat indah dari Green Village Gedangsari. Apabila matahari sudah terbenam maka akan muncul pemandangan malam hari yang tak kalah indahnya, gemerlap lampu-lampu menghiasi keindahan malam dari puncak Green Village Gedangsari.

Demikian artikel saya tentang obyek wisata Green Village Gedangsari, semoga bisa menjadi referensi anda dan keluarga untuk memilih lokasi tempat wisata untuk liburan. Dan semoga liburan anda menyenangkan...

Jika anda ingin menikmati wahana air terbaru di yogyakarta bisa baca :