Thursday, January 14, 2016

Fenomena Lafadz Allah dan Batu Sholat di Obyek Wisata Goa Ngingrong Gunungkidul

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di DIY yang memiliki obyek wisata alam yang sangat menarik dan beraneka ragam. Dari wisata pantai, wisata goa, wisata air terjun wisata gunung dll. Oleh karena itu setiap akhir pekan atau musim liburan jalan menunju obyek wisata di daerah gunungkidul pasti selalu ramai bahkan macet. Hal ini disebabkan karena banyaknya wisatawan yang mau berlibur ke gunungkidul.

Salah satu obyek wisata yang belum banyak dikenal orang adalah obyek wisata goa ngingrong. Obyek wisata goa ngingrong terletak di Lembah Karst Mulo di Desa  Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul atau pas dipinggir jalan raya tepus - wonosari. Rute jalan menuju goa ngingrong apabila anda dari jogjakarta: langsung menuju jalan jogja-wonosari, lurus terus kearah kota wonosari , sampai di pertigaanan GOR wonosari belok kanan , lurus terus sampai perempatan belok kanan, sampai pertigaan belok kiri, lurus terus sampai perempatan belok kiri arah jalan raya tepus, jalan lurus kurang lebih 500 meter di pinggir jalan sudah terlihat papan tulisan obyek wisata goa ngingrong dan geopark gunung sewu.

Obyek wisata Goa Ngingrong adalah kawasan lembah karst yang berbentuk sebuah luweng / collapse dollin / sinkhole dan membentuk sebuah goa horizontal dengan kealamiannya kemudian diakhiri dengan turunan horizontal dan mempunyai telaga bawah tanah diawahnya. Goa ini ditujukan bagi wisatawan minat khusus yang siap dengan medan yang menantang. Ada 3 level telaga yang terdapat di dalam goa ngingrong, sehingga memacu para wisatawan caving dan adventure untuk menikmatinya.

Di obyek wisata goa ngingrong ini kita juga bisa Flying Fox, Rappeling, Telaga bawah tanah. Terdapat fenomena alam yang indah di goa ngingrong yaitu di bagian tebing terdapat lafads Allah dan batu yang meyerupai orang yang sedang sholat. Untuk mencapai goa ngingrong , anda harus memutari lembah kars Mulo dan menuruni jalan setapak. Pengunjung harap berhati-hati karena jalanan terjal dan dihiasi tanaman-tanaman kapas di dekat lembah. Terdapat 2 Goa di dasar lembah yaitu di sisi barat dan timur. Jika pengunjung telah memasuki mulut Goa , maka kesejukan dan kesegaran tercipta di lokasi tersebut , seakan menghapus peluh karena perjalanan menyusuri ke dasar lembah tersebut. Di mulut goa terdapat bebatuan besar putih , batu-batu kerikil, dan beberapa batu –batu besar seukuran gajah, dan dihiasi oleh tetesan air dari stalaktit dinding goa .

Sungguh menyenangkan jika berkunjung ke obyek wisata goa ngingrong, refreshing pikiran sekaligus sport menantang. Saat ini wisata tersebut masih dikelola oleh masyarakat sekitar. Dan untuk melakukn penyusuran ke dalam Goa, disediakan pemandu – pemandu lokal yang telah mengetahui rute yang harus dilalui pengunjung, jadi obyek wisata ini sangat aman.

Demikian artikel dari saya tentang Fenomena Lafadz Allah dan Batu Sholat di Obyek Wisata Goa Ngingrong Gunungkidul, semoga bisa menjadi referensi anda untuk jika berwisata ke gunungkidul. Semoga wisata anda menyenangkan...

Jika anda ingin mengetahui obyek wisata yang menarik lainnya silahkan baca Klik Disini