Tuesday, February 2, 2016

Tradisi Memberi Angpao Di Perayaan Imlek


Tradisi Memberi Angpao Di Perayaan Imlek
Di kalangan rakyat Tionghoa terdapat kebiasaan atau tradisi dalam menyambut datangnya tahun baru (Imlek), dan diwariskan secara turun-temurun, salah satunya adalah angpao. Angpao/Angpau (kalau bahasa pinyin : Hong Bao) adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek.
Namun angpao sebenarnya bukan hanya diberikan saat perayaan tahun baru Imlek, angpao juga bisa diberikan saat pesta pernikahan, ulang tahun, pokoknya hal-hal yang bersifat suka cita. Mengapa? Karena angpao melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik.Yang boleh memberi Angpao adalah mereka yang sudah menikah, diberikan kepada keponakan, saudara yang lebih muda atau adik. Jumlah uangnya haruslah genap karena kalau ganjil itu berarti angpao untuk kematian.

Angpao adalah pemberian wajib, dan yang berhak memberikan angpao biasanya orang yang telah menikah, karena pernikahan dianggap merupakan peralihan dari anak-anak ke dewasa, dan ada anggapan bahwa orang yang telah menikah dan telah mapan secara ekonomi.Angpao selain diberikan kepada anak-anak, juga wajib diberikan kepada yang dituakan. Bagi yang telah dewasa, tetapi belum menikah, tetap berhak menerima angpao, hal tersebut dilakukan dengan harapan angpao dari orang yang telah menikah dapat memberikan nasib baik pada mereka, khususnya agar cepat menemukan pasangan hidupnya. Kalau seseorang yang belum menikah ingin memberikan angpao, sebaiknya cuma memberikan uang tanpa amplop merah. Namun tradisi di atas tidak mengikat.

Sekarang ini, pemberikan angpao tentunya lebih didasarkan pada kemapanan secara ekonomi, lagipula makna angpao bukan sekedar terbatas berapa besar uang yang ada di dalamnya melainkan lebih jauh adalah bermakna senasib sepenanggungan, saling mengucapkan dan memberikan harapan baik untuk satu tahun ke depan kepada orang yang menerima angpao tadi. 

Pemberian Angpao disertai dengan ucapan : 
Gong Xi Fa Chai, Xin Nian Kuai Le, Wan Se Ru Yi, Sen Thi Cie Khang, Nian Nian Yu YI
(Selamat dan Sukses, tahun baru yang berbahagia, segala hal bermakna, badan sehat walafiat dan sepanjang tahun memperoleh kelimpahan)

Demikian artikel dari saya tentang Tradisi Memberi Angpao Di Perayaan Imlek. Semoga dapat bermafaat dan bagi anda yang akan merayakan imlek semoga dapat berjalan dengan lancar dan meriah..

Bagi anda yang ingin mendapatkan pulsa gratis baca caranya disini :
Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Dari Aplikasi Manis

Artikel Terkait

Tradisi Memberi Angpao Di Perayaan Imlek
4/ 5
Oleh