Saturday, March 5, 2016

Cara mudah membuat kacamata untuk melihat gerhana matahari



Cara mudah membuat kacamata untuk melihat gerhana matahari
Besok tanggal 9 maret 2016 akan terjadi gerhana matahari. Masyarakat di indonesia sangat antusias untuk melihat fenomena alam ini. Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.




Kejadian gerhana ini akan terjadi pada pagi hari. Meski demikian, setiap wilayah memiliki waktu yang berbeda-beda. Di wilayah Indonesia barat, gerhana mulai pukul 06.20 WIB di wilayah Palembang dan mencapai puncaknya pukul 07.21; wilayah Tanjung Pandan mulai pukul 06.21 dan mencapai puncaknya 07.23 WIB; wilayah Palangkaraya mulai pukul 06.23 dan mencapai puncaknya 07.30 WIB; dan di wilayah Bengkulu (Muko-Muko), gerhana akan mencapai puncaknya pukul 07.19 WIB.

Di wilayah Tengah seperti Palu, gerhana mulai pukul 07.27 WITA dan mencapai puncaknya pukul 08.38 WITA. Hal ini berbeda dengan Ternate yang berada di wilayah Timur, di mana gerhana mulai pukul 08.36 WIT dan mencapai puncaknya 09.52 WIT.

Untuk bisa melihat langsung, masyarakat tidak bisa mengandalkan mata telanjang. Masyarakat harus menggunakan alat khusus untuk dapat melihat gerhana matahari agar tidak terjadi kebutaan. Apabila tidak mempunyai alat untuk melihat gerhana, anda dapat membuat kacamata sederhana yang dapat digunakan untuk melihat gerhana matahari. Berikut cara membuat kacamata filter gerhana seperti diulas Infoastronomy.org agar anda bisa memanfaatkannya saat melihat gerhana matahari total.

Bahan-bahan yang diperlukan:
1. Pola kacamata Matahari, download gratis di sini.
2. Filter Matahari (boleh merk Seymour atau Baader, wajib tipe Neutral Density 5).
3. Cutter atau gunting.
4. Lem.
5. Kertas karton putih yang kuat.

Pola kacamata untuk melihat gerhana matahari 

Cara membuat:
  1. Download pola kacamata Matahari, lalu print/cetak pada kertas karton yang telah disiapkan.
  2. Potong sesuai pola dengan cutter atau gunting.
  3. Lipat pola yang ditandai dengan garis putus-putus.
  4. Lubangi empat kotak lensa dengan cutter atau gunting.
  5. Potong filter Matahari sedikit lebih besar dari kotak lensa, lalu sisipkan.
  6. Lem semua sisi sehingga kacamata Matahari menjadi seperti gambar paling atas di artikel ini.

Perhatian! Harap gunakan kacamata filter Matahari yang memang dikhususkan untuk melihat Matahari secara langsung. Penggunaan bekas disket tidak cukup aman dan tidak mampu meredam silau Matahari yang dapat membakar retina mata sehingga menyebabkan kebutaan.


Cara menggunakan kacamata Matahari ini cukup kenakan di siang hari atau saat momen gerhana Matahari, lalu arahkan pandangan ke Matahari. JANGAN PERNAH melihat langsung ke arah Matahari tanpa kacamata Matahari berfilter khusus.

Tag: gerhana matahari total, gerhana matahari 9 maret 2016, gerhana matahari 2016, kacamata gerhana matahari, cara membuat kacamata gerhana, jadwal gerhana matahari, tempat melihat gerhana matahari, cara melihat gerhana matahari, gerhana matahari total di indonesia, waktu gerhana matahari

Artikel Terkait

Cara mudah membuat kacamata untuk melihat gerhana matahari
4/ 5
Oleh