Saturday, November 19, 2016

Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul

Hutan Pinus Mangunan adalah salah satu tempat wisata di Yogyakara. Di Yogyakarta memang terdapat banyak obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam seperti gunung, pantai, air terjun dll. Wisata belanja, wisata museum, wisata kuliner dan masih banyak yang lainnya. Salah satu lokasi wisata alam yang sedang hits di Yogyakarta adalah Hutan Pinus Mangunan.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan
Hutan pinus mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jarak hutan pinus mangunan dari kota Yogyakarta sekitar 23 km. Untuk mencapai lokasi hutan pinus mangunan kita bisa menggunakan sepeda motor, mobil atau kendaraan pribadi lainnya dengan waktu sekitar 45 menit.

Rute jalan Hutan Pinus Mangunan
Ada dua rute jalan yang mudah untuk menuju hutan pinus mangunan dari Yogyakarta :
Rute pertama : dari terminal giwangan - jl imogiri timur ikuti jalan terus sampai di pasar imogiri, belok kiri arah makam raja-raja imogiri, ada pertigaan belok kanan arah hutan pinus mangunan, sampai di pertigaan mangunan ambil kiri arah hutan pinus mangunan, ikuti jalan terus sampai masuk hutan pinus mangunan.
Rute kedua : dari Kota Yogyakarta - jl imogiri barat ikuti jalan terus sampai di pasar barongan, belok kiri arah makam raja-raja imogiri, ada pertigaan belok kanan arah hutan pinus mangunan, sampai di pertigaan mangunan ambil kiri arah hutan pinus mangunan, ikuti jalan terus sampai masuk hutan pinus mangunan.

Harga Tiket Masuk hutan pinus mangunan
Harga tiket masuk hutan pinus mangunan cukup murah yakni 2.000 rupiah untuk bayar parkir motor dan 5.000 rupiah untuk bayar parkir mobil.

Fasilitas di hutan pinus mangunan
Fasilitas di hutan pinus mangunan sudah cukup lengkap. Terdapat, gasebo, gardu pandang, ayunan, hammock, Kamar mandi/toilet, Warung makan dan tempat parkir yang luas. hutan pinus mangunan juga dapat digunakan untuk outbond.

Keindahan hutan pinus mangunan
hutan pinus mangunan meiliki pemandangan alam yang sangat indah. Pengunjung dapat menyusuri jalan setapak yg terbuat dari pohon kayu pinus yang sudah ditata dengan rapi. Terdapat menara pandang yang terbuat dari kayu. Pengunjung dapat berfoto-foto diatas menara pandang sambil melihat pemandangan. Ada juga ayunan dan hammock untuk bersantai. Berada diantara sela sela pohon pinus yang menjulang tinggi, sehingga kita merasa seperti di hutan luar negeri.Suasana nyaman dan sejuk ini menjadikan hutan pinus mangunan sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga.

Jika anda berkunjung ke yogyakarta sempatkanlah berkunjung ke hutan pinus mangunan. Lokasi hutan pinus mangunan sangat dekat dengan kebun buah mangunan dan bukit panguk kediwung, jadi sekali jalan bisa berkunjujung ke banyak obyek wisata lainnya di sekitar mangunan.

Tag : hutan pinus mangunan, hutan pinus, mangunan, dlingo, bantul